Friday 4 January 2019

Kenapa Habis Makan Tidak Boleh Tidur, Setelah Tahu Fakta Sebenarnya Kamu Akan Kapok?

Pada umumnya kita merasa ngantuk jika setelah makan. Hingga banyak orang yang akan langsung tidur setelah makan pun tidak bisa dihindari. Ternyata hal ini tanpa disadari dapat membawa dampak negatif terhadap kesehatan kita loh sob!.
Melansir dari pastiseru.com Selasa (18/12/18), Pada akun youtube SB30 Health dr. Sungadi Santoso menjelaskan bahwa kenapa habis makan kita tidak boleh tidur. Sebelum menjelaskan lebih dalam mengenai alasannya dr Sung menjelaskan terlebih dahulu bagaimana proses makanan itu masuk ke dalam lambung.
Jadi kita makan dengan mengunyah makanan, pada saat kamu habis makan dan kondisi lambung masih penuh, kemudian kamu tidur maka hal tersebut akan melawan gravitasi. Dan akhirnya makanan tersebut jadi terdorong ke atas.
pastiseru.com
Kondisi lambung kosong terjadi kurang lebih sekitar 2 hingga 4 jam, jadi pada saat makanan itu masih penuh maka akan sangat berbahaya untuk kesehatan. Meski sebenarnya makanan ini tidak dapat naik ke kerongkongan, tetapi ada beberapa orang yang memiliki penutup dari lambung ini lemah, sehingga makanan dapat naik. Karena begitu dia tidur makanan ini akan langsung naik ke atas, dan nama penyakit ini adalah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).
Gejala dari penyakit ini adalah akan merasa tiba-tiba panas, rasanya seperti terbakar, mulut tidak enak. Jadi saran dari dr Sung ketika habis makan jangan langsung tidur. Dan makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.
pastiseru.com
Isi dalam perutmu sekitar 70%, beri tempat udara di dalamnya. di ibaratkan seperti mesin penggiling semen, jika ia diisi penuh dengan semen maka ia tidak bisa bekerja dengan sempurna, dan seperti itu juga dengan fungsi kerja lambung.
Ditambah lagi dengan posisi tidur setelah makan, tentu hal ini akan berakibat buruk untuk kesehatanmu.
Nah sekarang bagaimana nih jika hal ini terjadi pada diri kalian? Jika ada pendapat atau masukan silahkan tulis saja di kolom komentar!, Dan jangan lupa untuk memberikan like dan share kemudian klik ikuti jika menyukai postingan artikel ini. Terima kasih.
sumber : http://tz.ucweb.com/1_5cs9e
Disqus Comments