Saturday 13 October 2018

Cara Membedakan Benjolan Kanker Payudara atau Kelenjar Susu? Ini Dia Tipsnya.

Saat ini pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI dikalangan wanita sudah mulai meningkat, Tetapi dalam pemeriksaannya kebanyakan wanita masih bingung untuk mengetahui cara membedakan benjolan kanker payudara, tumor atau kemungkinan hanya kelenjar susu. Hal ini mengakibatkan banyak yang mengabaikan dan bahkan menjadi parno. 
Cara Membedakan Benjolan Kanker Payudara atau Kelenjar Susu
pixabay.com
Dan menurut spesialis onkologi radiasi, dr Yuddi Wahyono, spOnk, Rad, Cara untuk membedakannya benjolan kanker atau kelenjar susu bisa dilihat dari ukurannya. Jika semakin hari bertahap makin membesar, maka harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Dikutip dari detik.com "Pokoknya konsep dari SADARI. Lihat dulu dari perabaan, kalau ada sesuatu yang dicurigai misal perbedaan bentuk, kenyalnya, bergerak atau tidak, perbedaan warna kulit, atau ada benjolan yang dalam waktu tertentu semakin membesar, segera bawa ke rumah sakit jalani pemeriksaan medis untuk lebih tahu kejelasannya," ujarnya pada acara Komunitas Peduli Kanker Payudara di salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan, Sabtu (13/10/2018).
Jika benjolan yang dirasakan tidak semakin bertambah besar atau tidak bergerak, kemungkinan itu hanya kelenjar susu biasa. Tetapi perlu diingat, cara SADARI ini harus bisa rutin dilakukan setiap bulannya supaya kita dapat mengetahui apakah ada benjolan yang muncul disekitar payudara.
"Intinya jika ada benjolan atau sesuatu yang dicurigai segera lakukan pemeriksaan," tutupnya
Hal penting yang harus diwaspadai pada payudara.
detik.com

Jika benjolan dirasa tidak semakin bertambah besar atau tidak bergerak, kemungkinan itu hanya kelenjar susu biasa. Namun ingat, SADARI ini harus rutin dilakukan setiap bulannya agar dapat membantu kamu mengenali tekstur jaringan payudara sendiri, sehingga kamu akan mampu merasakan kejanggalan pada payudara dan dapat diperiksakan sedini mungkin. Dan waktu terbaik melakukan SADARI adalah seminggu setelah menstruasi berakhir.

"Intinya jika ada benjolan atau sesuatu yang dicurigai segera lakukan pemeriksaan," tutupnya

Berikut tips untuk cara mengetahui tanda pada payudara yang perlu kamu waspadai :

  1. Puting Masuk Kedalam :
  2. Keluar Cairan Dari Puting
  3. Kulit Payudara Mengeras, Mengelupas, Memerah
  4. Pembengkakan Payudara
  5. Benjolan Keras Di Payudara atau Sekitar Ketiak
Sebarkan dan bagikan informasi ini jika menurut kamu artikel ini bermanfaat bagi orang lain.


Disqus Comments