Sunday 14 October 2018

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Karena Sering Memainkan Ponsel dan Komputer

Pada saat ini penggunaan perangkat ponsel dan komputer sudah menjadi suatu kewajiban sehingga dalam keseharian bagi sebagian orang akan sulit dipisahkan dari penggunaan perangkat ponsel dan komputer. Padahal sinar yang dihasilkan dari perangkat ponsel dan komputer dapat membahayakan kesehatan mata. Kebiasaan menatap layar perangkat ponsel dan komputer secara terus-menerus akan berdampak negatif terhadap penglihatan. Tidak hanya merusak mata, kebiasaan ini juga bisa menurunkan tingkat produktivitas seseorang.
cara menjaga kesehatan mata dari pengaruh gadget atau smartphone
pixabay.com

Mengutip tulisan dokter Nathan Bonilla-Warlord, OD, seorang penyedia layanan kesehatan mata di Tampa, Florida, Amerika Serikat di Mashable (11/10), berikut ini ada 5 tips cara menjaga penglihatan dari bahaya penggunaan perangkat layar monitor ponsel dan komputer yang berlebihan.
  1. Ciptakan kondisi senyaman mungkin agar mata tidak stres, sesuaikan dengan kondisi lingkungan pada saat menggunakan perangkat digital supaya dapat menjaga kesehatan mata. misalkan menggunakan monitor besar untuk mengurangi ketegangan mata. Pastikan posisi duduk senyaman mungkin dan lain sebagainya karena Hal ini akan mengurangi tingkat stres di mata karena mencari sudut pandang yang paling baik.
  2. Arahkan pencahayaan kepada objek bukan kita, Pengaruh dari pencahayaan bukan hanya dari layar ponsel atau komputer tetapi juga ruangan. Pastikan cahaya ruangan tidak berlebihan karena dapat mengiritasi mata dan menegang. Jika menggunakan lampu meja, pastikan lampu meja menyinari meja bukan kamu. cobalah duduk di samping jendela, bukan di depan atau belakang kamu. Posisikan layar ponsel atau komputer untuk mengurangi pantulan dari jendela atau lampu di atas kepala.
  3. Sesuaikan jarak dan sudut bacaSesuaikan layar sehingga kamu melihatnya sedikit ke bawah dan berjarak sekitar 61 sampai 71 centimeter. Selain itu, tengahnya harus berada di sekitar 6 sampai 15 centimeter di bawah mata kamu. Pastikan layar cukup besar dan dengan kecerahan serta kontras yang tepat.
  4. Perbesar teks di layarBagi sebagian orang yang memiliki masalah penglihatan, memperbesar ujuran teks dan gambar di perangkat dapat membantu penglihatan. Hampir setiap perangkat dapat disesuaikan untuk menampilkan ukuran teks yang lebih besar.
  5. Sering-sering berkedip dan biasakan istirahatPerangkat sejatinya dapat digunakan tanpa istirahat, tapi kamu bukanlah mesin yang tidak butuh istirahat. Penglihatan Anda butuh istirahat. Pergunakan aturan "20-20-20". Setiap 20 menit, istirahat 20 detik, dan lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter). Selain itu, jangan lupa untuk berkedip. Hal ini adalah cara untuk mencuci mata secara alami dari manfaat air mata. Jika kamu menggunakan kacamata, pastikan memiliki lensa yang tepat untuk layar monitor ponsel atau komputer.
dampak negatif dari layar monitor komputer
pixabay.com

Jadi demikian ulasan dari tips cara untuk menjaga kesehatan mata dari pengaruh layar ponsel atau komputer, Gunakan perangkat elektronik secukupnya saja. Batasi penggunaan dalam beberapa jam sehari, sehingga mata punya waktu untuk beristirahat.


Sumber: 
merdeka.com
Liputan6.com
Disqus Comments