Sunday 4 November 2018

Wajib Tahu, 5 Makanan Tinggi Garam Tersembunyi yang Harus Dihindari

Dalam mengkonsumsi garam seharusnya tidak boleh lebih dari 6 gram atau 1 sendok teh dalam 1 hari atau sama dengan 2300 mg natrium. Hal ini berdasarkan Panduan Umum Gizi Seimbang 2003. Tetapi sayangnya kebanyakan dari kita malah mengkonsumsi melebihi batas tersebut dalam diet sehari-hari.
Padahal kita sudah berhati-hati untuk membatasi asupan garam karena kekhawatiran dari ancaman hipertensi, tetapi hal ini tetap saja bahwa garam sulit untuk dihindari karena di mana-mana makanan menggunakan garam sebagai penyedap. Yang bahayanya adalah jika makanan tersebut sering dianggap 'aman' tetapi kenyataannya mengandung garam tersembunyi.

pixabay.com
Jika kamu sedang berusaha dalam membatasi asupan garam, kenali beberapa makanan yang mengandung tinggi garam tersembunyi, seperti dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) :
1.Roti
Walaupun kamu sedang mengonsumsi roti tawar, kenyataannya adalah adonan roti tersebut dapat mengandung garam yang tinggi. Coba periksa sebelum membeli produk roti perhatikan kata kunci "sodium" dalam angka informasi gizinya.

pixabay.com
Yang disarankan untuk mengonsumsi roti per potongnya mengandung tidak lebih dari 170 miligram. Jadi kamu dapat menjaga konsumsi garam lebih rendah jika memutuskan untuk makan lebih dari satu potong.
2. Keju
Keju memang makanan sehat yang terbuat dari olahan susu karena mengandung vitamin D. Tetapi ingat jangan terlalu banyak mengonsumsinya pasalnya rasa asin dalam kandungan keju berasal dari penggunaan garam yang tinggi.

pixabay.com
Garam digunakan dalam proses pembuatan keju agar awet pada saat proses fermentasi. Karena dengan garam akan mengendalikan kelembaban serta membunuh bakteri saat susu perlahan berubah menjadi keju.
3. Kue Kuean
Jangan berpikir jika kue yang rasanya manis berarti tidak mengandung garam? Hal ini adalah keliru karena kenyataannya bahwa kue yang paling manis sekalipun bisa mengandung garam.

pixabay.com
Jika kamu ingin membuat kue dengan menggunakan adonan yang instan, Harap selalu memperhatikan berapa jumlah sodium/natrium yang terkandung di dalamnya.
4. Saus Tomat
Perhatikan kandungan gizi dari saus tomat atau saus sambal maka kamu dapat dengan mudah menemukan kalau saus itu mengandung garam.

pixabay.com
Dan itu artinya mulai sekarang kontrol keinginan kamu jika ingin menambah banyak saus ke dalam makanan.
5. Pizza
Pada umumnya Pizza terbuat dari bahan adonan roti, keju, daging olahan, dan saus yang masing-masing bahannya saja sudah mengandung tinggi garam seperti yang telah disebutkan di atas. Jadi jangan heran kalau sepotong pizza dapat mengandung sampai 800 miligram garam atau sekitar 35 persen kebutuhan harian tubuh.

pixabay.com
Jika akan menyantap pizza, hal yang perlu dilakukan sebaiknya memilih pizza yang kejunya sedikit, lebih banyak sayur, dan tidak memakai daging olahan.
Nah sekarang bagaimana nih menurut kamu tentang hal di atas? Jika ada pendapat atau masukan silahkan tulis saja di kolom komentar!, Dan jangan lupa untuk memberikan like dan share kemudian klik ikuti jika menyukai postingan artikel ini. Terima kasih.
Disqus Comments