Saturday 23 February 2019

3 Kali 7 Sama Dengan 27, Jawabannya Akan Membuat Pandanganmu Terbuka!

Dikisahkan di negeri Tiongkok ada seorang guru yang sangat dihormati karena dikenal dengan sosoknya yang tegas, jujur dan juga bijaksana. Pada suatu hari, ada 2 orang murid sedang menghadap pada guru tersebut. Mereka tengah bertengkar hebat hingga nyaris akan beradu fisik. Keduanya sedang berdebat mengenai hasil hitungan 3x7.
inspirasi dan motivasipulsk.com
Murid yang pintar menjawab bahwa hasilnya adalah 21. Murid yang bodoh bersikukuh menjawab dengan mengatakan bahwa hasilnya adalah 27. Murid bodoh kemudian menantang murid pintar untuk meminta sang guru menjadi Jurinya sehingga akan diketahui bahwa siapa yang benar jawabannya diantara mereka, sambil si bodoh mengatakan, "Jika jawaban saya yang benar 3 x 7 = 27, maka engkau harus rela untuk di cambuk 10 kali oleh GURU. Tetapi jika jawaban kamu yang benar 3x7=21, maka saya bersedia untuk memenggal kepala saya sendiri. ha ha ha ha ....." demikian si bodoh yang telah menantang dengan sangat yakin mengenai pendapatnya.
"Katakan wahai GURU, manakah jawaban yang paling benar ?", tanya murid bodoh
Ternyata sang GURU akhirnya memvonis cambuk 10x bagi murid yang pintar, yang menjawab 3x7=21. Tentu saja si murid pintar protes keras! GURU menjawab, "Hukuman ini adalah bukan untuk hasil hitunganmu, tetapi untuk Ketidak Arifanmu yang mau-maunya berdebat dengan orang bodoh yang tidak tahu bahwa hasil dari 3x7 adalah 21 !"
Guru melanjutkan, "Lebih baik GURU melihatmu dicambuk dan menjadi ARIF daripada GURU harus melihat satu nyawa yang terbuang dengan sia-sia!"
Dengan demikian Jika kita sibuk memperdebatkan sesuatu hal yang tidak berguna, berarti kita juga ternyata sama salahnya atau bahkan lebih salah daripada orang yang sudah memulai perdebatan, karena dengan sadar kita telah membuang waktu serta energi untuk hal yang seharusnya tidak perlu. 
Dan bukankah kita sering mengalaminya?
Hal ini bisa terjadi dengan pasangan hidup, rekan kerja, tetangga atau kolega, bahkan dikalangan anggota Dewan. Berdebat atau bertengkar untuk hal yang tidak ada manfaatnya hanya akan menguras energi dengan percuma. Ada saatnya kita harus diam untuk menghindari perdebatan atau pertengkaran yang memang sia-sia. 
Nyatanya diam itu bukan berarti kita kalah. Memang hal tersebut tidaklah mudah, tetapi janganlah sekali-kali untuk berdebat dengan orang bodoh yang tidak menguasai permasalahan.
"MERUPAKAN SUATU KEARIFAN BAGI ORANG YANG DAPAT MENGONTROL DIRI DAN MENGHINDARI KEMARAHAN ATAS SUATU KEBODOHAN !!"
Semoga bermanfaat? Jika ada pendapat atau masukan silahkan tulis saja di kolom komentar!, Dan jangan lupa untuk memberikan like dan share kemudian klik ikuti jika menyukai postingan artikel ini. Terima kasih.
Disqus Comments