Friday 4 January 2019

Bukan Permen dan Coklat, Ini Ternyata Biang Kerok Masalah Gigi pada Anak?

Melansir dari liputan6.com Rabu (05/12/2018) Gigi tanggal, berlubang, atau bahkan menghitam yang terjadi pada anak pada umumnya disebut orang tua terjadi karena telam konsumsi permen. Tetapi ternyata dibanding permen dan coklat, ada salah satu makanan yang lebih berbahaya terhadap gigi.

hellosehat.com
"Roti itu kan lengket. Sehingga akan melekat pada gigi. Setelah melekat akan difermentasi oleh kuman, diolah hingga menghasilkan asam," Ungkap Bambang Nursasongko, seorang Dokter gigi spesialis konservasi gigi.
Menurut dokter gigi yang juga seorang dosen di Fakultas Kesehatan Gigi Universitas Indonesia (FKG-UI) ini, asam yang sangat berbahaya bagi gigi adalah asam dari hasil fermentasi oleh kuman. Kuman ini kebanyakan berasal dari roti yang menempel lebih lama pada gigi.
Permen atau cokelat sebenarnya tidak masalah diberikan kepada anak asalkan segera dibersihkan. Dengan mengajarkan mereka untuk berkumur-kumur setiap kali selesai menyantap dua penganan itu supaya terbiasa untuk membersihkan mulut.
"Untuk upaya mengendalikan permasalahan gigi itu terjadi cuma dua, perhatikan makanan seperti karbohidrat dan waktu. Jadi waktu menempel di gigi jangan terlalu lama," katanya.
Dengan terus mengajarkan si Kecil untuk rajin berkumur-kumur setelah makan, kata Bambang, sekaligus akan melatih mereka untuk dapat merasakan bahwa jika kotor rasanya tidak enak.
"Makanya saat ini ada yang menjual sikat gigi dimasukkan ke jari. Itu adalah untuk anak-anak," tandasnya.
Semoga bermanfaat? Jika ada pendapat atau masukan silahkan tulis saja di kolom komentar!, Dan jangan lupa untuk memberikan like dan share kemudian klik ikuti jika menyukai postingan artikel ini. Terima kasih.
Sumber referensi : http://tz.ucweb.com/1_5aefi
Disqus Comments